Ilmu adalah hewan liar, maka ikatlah dia dengan tulisan<\marquee>

Selasa, 02 Agustus 2016

Membaca untuk Memahami

Membaca untuk Memahami

Pada hari pertama kuliah Bahasa Indonesia. Tepatnya pada hari kamis,  tanggal 10 september 2015, pukul 07.00 WIB – 08.30 WIB. Kami mengawali pembelajara dengan perkenalan, dengan seorang dosen yang sangat berpengalaman
dalam bidang Bahasa Indonesia yang bernama bapak Ir. Hernowo. Dalam pembelajaran pertama kali ini bapak Dr. Hernowo memberi pemahaman tentang “mengikat makna” yang dimana kami diharuskan membaca, memahami, lalu menuliskan apa yang kami pahami tersebut.

Menurut saya mengikat makna ibaratkan dalam kegiatan memancing. Sebagaimana kita ketahui didalam kegiatan memancing kita memerlukan gagang pancing sebagai modal utama, lalu diperlukan tali pancing sebagai penyambungnya yang di ikatkan kepada ujung kail pancing tersebut, dan yang tidak kalah pentingnya bahkan menjadi acuan sebagai hasil akhirnya ialah umpan untuk mendapatkan ikan yang kita harapkan. Demikian pula mengikat makna kita memerlukan bahan bacaan sebagai media informasi (misalnya buku), pikiran pun akan mengolah dan membentuk informasi (khususnya informasi dari media yang dihasilkan dari kegiatan membaca), dan terbentuklah menjadi rangkaian makna atau pun sesuatu hal yang bermakna. Ketika telah terbentuk suatu yang bermakna kemudian hasil dari pengolahan dan pembentukkan itu di lakukanlah kegiatan yakni lewat tulisan, maka dari hal tersebutlah dapat disebut sebagai mengikat makna.
Mengikat makna ialah hal yang dicerna lewat pmikiran yang tidak terlepas dari kegiatan membaca dan menulis. Mengikat makna menanggapi bacaan setelah membaca (yakni membaca dalam bentuk buku, majalah, atau pun bentuk tulisan lain yang ditulis melalui media sosial, blog, dan media-media lainnya) sebagai cara mengolah dan membentuk pemahaman suatu bacaan kedalam pikiran. Sementara itu, menulis ialah kegiatan penyaluran dari apa yang ada dalam pikiran kita (sesuatu yang sudah diolah dan dibentuk oleh pikiran) yang didapatkan melalui proses membaca.

Hal yang sangat dan harus di perhatikan serta di pahami dalam pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia bersama bapak Ir. Hernowo adalah bahwa mengikat makna terdapat 2 (dua) yang tidak dapat dipisahkan yakni kegiatan membaca dan menulis.
Jadi, mengikat makna dalam prinsip nya ialah sangat memerlukan untuk menulis dan menulis sangat memerlukan membaca. Untuk nantinya mendapat pemahaman dari apa yang kita baca dan akhir dapat tertuangkan dalam bentuk tulisan.

0 komentar:

Posting Komentar